SGU dan IAIS Tanda Tangani MOU Demi Perkuat Kerja Sama

SGU dan IAIS Tanda Tangani MOU Demi Perkuat Kerja Sama

Senin 24 Januari 2022, IAIS (Indonesia Artificial Intelligence Society) perkuat kerjasama dengan Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Swiss German University dan berbagai Universitas di Indonesia. Mulai dari UKDW yang diwakili oleh Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Universitas Bina Nusantara, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Organisasi kecerdasan buatan Indonesia yang anggotanya berasal dari kalangan akademisi, periset, korporasi, bahkan individu ini sepakat mengadakan program kerja sama dengan berbagai pihak. Kerjasama ini meliputi kegiatan promosi universitas dan dosen melalui kegiatan meeting, seminar, pelatihan, dan kursus; link and match antara talenta, industri, dan universitas; pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi kompetensi; serta penelitian, publikasi, dan bimbingan bersama melalui platform IAIS.

Ketua IAIS Dr. Ir. Lukas, MAI, CISA, IPM. menyampaikan, bahwa kemajuan teknologi saat ini berasal dari AI yang merupakan bidang ilmu dari cabang ilmu komputer yang memetakan kecerdasan manusia pada mesin. 

“Perjanjian kerja sama ini sebagai bentuk kesadaran dan keterbukaan bahwa untuk memajukan pengembangan AI tidak bisa dilakukan sendiri. Dalam konsorsium ini, akan ada banyak program yang baik, tentu dengan dukungan dari pihak-pihak yang potensial supaya AI yang dikerjakan berguna bagi masyarakat luas, khususnya untuk pengembangan riset dan kemajuan Indonesia,” terangnya. 

“Dengan adanya tanda tangan Konsorsium MOU ini, kebetulan semenjak tahun 2021 lalu yang merupakan konsentrasi dari pecahan Teknik Informatika menjadi Teknik AI dan Data Science sangat cocok dengan studi baru kami, sehingga nanti mahasiswa kami dapat magang atau pertukaran belajar di bidang AI baik dalam lingkup konsorsium maupun diluar konsorsium” Ujar Dr. Maulahikmah Galinium, S.Kom, M.Sc. Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Swiss German University juga menambahkan.

Ia juga berharap, melalui konsorsium ini, pihak-pihak terkait bisa berbagi sumber daya dan pengetahuan untuk kemajuan bersama.

SUMBER PEMBERITAAN: MEDICOM.ID

Tentang Swiss German University

Swiss German University (SGU) merupakan upaya bersama antara Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas internasional pertama di Indonesia. Terdapat 13 program studi sarjana dan 3 pascasarjana di SGU, juga terdapat program gelar ganda internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen berkualitas dari dalam dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris..

Program Studi SGU terdiri dari: Mechatronics, Industrial Engineering, IT Technopreneurship, AI & Data Science, Business & Management, Hotel & Tourism Management, International Culinary Business, Accounting & Data Analytics, Global Strategic Communications, Sustainable Energy & Environment, Pharmaceutical Chemical Engineering, Food Technology, Biomedical Engineering, Master of Business Administration, Master of Information Technology, Master of Mechanical Engineering.


Informasi lebih lanjut SGU dapat diakses di: www.sgu.ac.id

Contact Person:
MOCH. RIYADH RIZKY ADAM, S.T., M.S.M
Director of Marketing Communications
Swiss German University
Telp: +62 821 2587 3033
Email: [email protected]
www.sgu.ac.id

RYAN IDRIANSYAH (RAY)
Head of Public Relations
Swiss German University
Telp: +62 817 839799
Email: [email protected]
www.sgu.ac.id