Penandatanganan Kerjasama Antara Swiss German University (SGU) dengan Gerai Lengkong

Penandatanganan Kerjasama Antara Swiss German University (SGU) dengan Gerai Lengkong

“Kolaborasi Sinergis dalam Upaya Dukung UMKM”

Tangerang, 8 Juni 2022 – Swiss German University (SGU) melakukan kerjasama dengan Gerai Lengkong terkait Sinergi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kolaborasi tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani langsung oleh Dr. rer. nat. Filiana Santoso selaku Rektor dari Swiss German University dan Hj. Lista Hurustiati, S.H., M.H., selaku Ketua Koperasi Lengkong Bakti Negara pada Rabu, 8 Juni 2022 di Merdeka Ballroom Swiss-bellhotel Intermark BSD.

Pertumbuhan UMKM di Indonesia yang terus bertambah dari tahun ke tahun membuat Gerai Lengkong selaku penyedia produk oleh-oleh UMKM Tangerang Selatan terus memperluas jaringan mulai dari offline hingga berbasis digital. Swiss German University (SGU) sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang bergerak dalam bidang pendidikan dalam naungan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar, akan memberikan bimbingan teknis dalam bentuk Program Pelatihan, Seminar dalam bentuk Penelitian maupun Pengabdian Masyarakat.

Acara yang bertajuk Bedah Buku “Rajut an Asa dan Juang” ini dalam rangka memperingati HUT ke-2 Gerai Lengkong. Hingga saat ini, para pelaku UMKM/IKM yang tergabung menjadi supplier telah mencapai lebih dari 140 UMKM/IKM, serta memasarkan lebih dari 250 produk makanan, minuman dan handicraft. Selain itu, Swiss German University (SGU) juga turut membantu para pelaku UMKM yang tergabung dalam Gerai Lengkong agar dapat meningkatkan kinerjanya secara digital.

Rektor Swiss German University, Dr. rer. nat. Filiana Santoso, mengatakan, “kerjasama ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa SGU untuk memperoleh informasi, data, dan pembelajaran yang berkaitan dengan pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang bisnis.”

Gerai Lengkong berdiri pada tanggal 19 April 2020 sebagai salah satu solusi pemasaran UMKM/IKM Tangerang Selatan. Nama Lengkong sendiri diambil dari sebuah nama kelurahan di Kecamatan Serpong yang memiliki nilai sejarah perjuangan, dengan harapan para pelaku UMKM/IKM tetap memiliki semangat berjuang menjalankan usahanya di masa pandemi COVID-19. Gerai Lengkong terus melakukan aksi nyata dalam membantu para pelaku UMKM/IKM Tangerang Selatan untuk mengembangkan usaha mereka dan memperluas jaringan maupun pemasaran.

Dalam acara ini akan dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan serta jajaran kepala dinas seperti Kepala Dinas Koperasi, Kepala Dinas Industri dan Perdagangan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kepala Dinas Kesehatan, juga Kepala Dinas Ketenagakerjaan. Selain itu, KEMENKOP, KEMENKRAFT, dan INKOP juga turut hadir dalam perayaan HUT ke-2 Gerai Lengkong.

Salah kerjasama dalam MOU ini adalah peningkatan kinerja UMKM melalui digitalisasi melalui kegiatan PKM SGU thd pelaku2 UMKM yang tergabung dalam GL

Tentang Swiss German University

Swiss German University (SGU) merupakan upaya bersama antara Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas internasional pertama di Indonesia. Terdapat 13 program studi sarjana dan 3 pascasarjana di SGU, juga terdapat program gelar ganda internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen berkualitas dari dalam dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris..

Program Studi SGU terdiri dari: Mechatronics, Industrial Engineering, IT Technopreneurship, AI & Data Science, Business & Management, Hotel & Tourism Management, International Culinary Business, Accounting & Data Analytics, Global Strategic Communications, Sustainable Energy & Environment, Pharmaceutical Chemical Engineering, Food Technology, Biomedical Engineering, Master of Business Administration, Master of Information Technology, Master of Mechanical Engineering.


Informasi lebih lanjut SGU dapat diakses di: www.sgu.ac.id

Contact Person:

RYAN IDRIANSYAH (RAY)
Head of Public Relations
Swiss German University
Telp: +62 817 839799
Email: [email protected]
www.sgu.ac.id