Belajar Perhotelan dan Pariwisata Online Ditengah Pandemik Covid-19? Kenapa Enggak?

Belajar Perhotelan dan Pariwisata Online Ditengah Pandemik Covid-19? Kenapa Enggak?

Pandemik Covid-19 yang telah menggemparkan dunia tentunya memberikan dampak besar terhadap sektor Pendidikan. Hal ini pun telah diakui oleh organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Banyak sekali adaptasi yang harus dilakukan oleh sebuah institusi Pendidikan kepada jutaan siswa di seluruh dunia untuk tetap dapat memberikan pembelajaran dengan baik. 

Berbagai bidang di dunia Pendidikan perlu untuk beradaptasi dengan cepat untuk memikirkan permasalahan tersebut. Beberapa subjek Pendidikan dengan mudah dapat mengimplementasikannya melalui online learning. Namun banyak juga subjek Pendidikan yang memerlukan banyak kegiatan offline. 

Seperti misalnya subjek Pendidikan di bidang pariwisata yang membutuhkan pembelajaran dengan jam kegiatan yang lebih dominan. Sementara bagaimana siswa yang belajar disubjek tersebut harus beralih untuk e-learning?

Swiss German University yang merupakan universitas internasional pertama di Indonesia, memiliki program sarjana dengan jurusan Hotel & Tourism Management (HTM). Di mana siswa dapat memperoleh ilmu untuk mengelola bisnis perhotelan ataupun kuliner secara global. Terlebih dengan gelar internasional yang akan siswa peroleh ketika lulus nanti, sebagai tiket untuk menerjang dunia pariwisata yang lebih luas dan global.

Berusaha untuk tetap dapat memberikan pembelajaran yang baik ditengah pandemik Covid-19, program studi HTM memiliki beberapa program untuk para siswa. Salah satunya berkolaborasi dengan MarkPlus Tourism untuk mengikuti pembelajaran mengenai bagaimana cara menghadapi situasi krisis yang memberikan dampak keras terhadap sektor indusri pariwisata (desitnasi, perhotelan, kuliner, dsb). 

MarkPlus Tourism sendiri merupakan pusat layanan professional untuk pemain industri pariwisata dan perhotelan, untuk mendukung pariwisata Indonesia sebagai industri yang dapat bersaing secara global. SGU meyakini dengan mengikuti pembelajaran MarkPlus Tourism yang bertajuk pada tema Tourism Crisis Webinar Series: Threat and Opportunity”, tentunya dapat menambah pengetahuan siswa dalam menghadapi krisis serta langkah untuk mempersiapkan dunia pariwisata yang baru.

Program pembelajaran yang juga bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini diimplementasikan oleh HTM ke dalam beberapa mata kuliah yang ada, diantaranya yaitu Seminar in Hospitality, Hospitality Marketing, dan Toursim Management. Webinar ini terdiri dari 9 online workshop dengan metode video conference yang masing-masing dipandu dengan expert speaker dibidangnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *