Swiss German University Rayakan Hari Pariwisata Dunia 2024 dengan Fokus pada Generasi Z dalam Mempromosikan Pariwisata Kreatif Berkelanjutan

Swiss German University Rayakan Hari Pariwisata Dunia 2024 dengan Fokus pada Generasi Z dalam Mempromosikan Pariwisata Kreatif Berkelanjutan

Tangerang, 27 September 2024Tangerang, 27 September 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) 2024, Swiss German University (SGU) menyelenggarakan acara hybrid bertema “Empowering Local Cultures: Gen Z’s Role in Promoting Sustainable Creative Tourism.” yang merupakan hasil kerjasama dengan Sindo News, Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Ancol Taman Impian, Masata Tangerang Selatan dan Yayasan Dewisnu.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Hotel and Tourism Management (HTM) dan International Culinary Business (ICB) SGU, siswa SMA, komunitas, masyarakat umum serta menghadirkan para pembicara terkemuka dari sektor pariwisata, kuliner, dan media.

Tujuannya adalah menginspirasi Generasi Z untuk memainkan peran penting dalam pelestarian budaya lokal dan mempromosikan pariwisata kreatif yang berkelanjutan.

Dr. Dipl.-Ing. Samuel P. Kusumocahyo, Rektor Swiss German University, menyampaikan, “Acara ini merupakan momentum penting untuk menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki peran besar dalam mempromosikan pariwisata berkelanjutan. Dengan kepekaan yang tinggi terhadap isu lingkungan dan keberagaman budaya, mereka dapat menjadi pionir dalam menciptakan solusi kreatif yang mendukung pelestarian warisan budaya sekaligus meningkatkan daya tarik wisata Indonesia di kancah global. SGU bangga dapat mendukung dan menjadi bagian dari proses ini.”

Acara ini menghadirkan pembicara-pembicara berpengalaman seperti:

  • Dr. Nila K. Hidayat, S.E., M.M. – Dekan Faculty of Business And Communication SGU, sekaligus Ketua MASATA Tangerang Selatan.
  • Kayla Jocelyn Charis – Alumni Program Studi S1 Hotel And Tourism Management SGU tahun 2020.
  • Chef Stefu Santoso – Penasihat Association Of Culinary Professional.
  • Jro Mangku Istri Tripiasih – Ketua Yayasan Dewisnu, yang aktif dalam pelestarian budaya Bali.
  • Herita Endriana – Asisten Editor dari Sindo News.
  • Hafiz Agung Rifai – Ketua Koordinator Media Digital, Deputi Bidang Pemasaran di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tidak hanya diskusi panel, peserta acara ini juga berkesempatan memenangkan tiket Atlantis Water Adventures Ancol untuk tiga peserta beruntung.

Sebagai bagian dari perayaan ini, SGU juga menyelenggarakan English Reels Video Creation Competition yang terbuka bagi siswa SMA kelas 10-12. Kompetisi ini bertujuan mendorong kreativitas siswa dalam menyampaikan gagasan terkait peran Generasi Z dalam mendukung pariwisata berkelanjutan. Video dengan topik “Empowering Local Cultures : Gen Z’s Role in Promoting Sustainable Creative Tourism” harus berdurasi 1-3 menit dan disertai minimal tiga sumber referensi terpercaya (2019-2024).

Hadiah kompetisi meliputi:

  1. Juara 1: Beasiswa program S1 Hotel And Tourism Management atau International Culinary Business selama 2 semester + 3 tiket Dunia Fantasi Ancol + 1 voucher menginap di Kaya House Ubud.
  2. Juara 2: Diskon 40% untuk program S1 Hotel And Tourism Management atau International Culinary Business + 2 tiket Dunia Fantasi Ancol + 1 voucher menginap di Kaya House Ubud.
  3. Juara 3: Diskon 20% untuk program S1 Hotel And Tourism Management atau International Culinary Business + 2 tiket Atlantis Water Adventures Ancol.

Dr. Dipl.-Ing. Samuel P. Kusumocahyo menambahkan, “Melalui kompetisi ini, kami ingin mendorong siswa untuk memanfaatkan kreativitas mereka dalam mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan. Kami percaya bahwa anak muda memiliki kekuatan untuk mempromosikan nilai-nilai keberlanjutan melalui cara-cara inovatif dan relevan dengan zaman mereka.”

Batas akhir pengiriman video adalah 15 Oktober 2024, dan pemenang akan diumumkan pada 19 Oktober 2024. Peserta dapat mengunggah video ke akun Instagram pribadi dengan menandai akun @swissgermanuniv dan @pesona.indonesia.

SGU berharap, melalui rangkaian acara ini, Generasi Z dapat semakin terinspirasi untuk menjadi duta budaya lokal dan agen perubahan dalam dunia pariwisata yang lebih kreatif dan berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran acara, silakan kunjungi : https://bit.ly/SGUWTD24. Untuk pendaftaran lomba silakan daftar ke : https://bit.ly/SGUWTDEssay

About Swiss German University

SWISS GERMAN UNIVERSITY (SGU) was established in 2000 as a joint effort between Indonesia, Germany, Switzerland, and Austria. We are the pioneer in offering international curricula in Indonesia. Qualified students can graduate with a Double Degree from Indonesia and Germany, which SGU provides in cooperation with partner universities; surely a valuable tool for your future careers. Ever since its establishment, SGU has been dedicated to delivering quality education in line with international standards and aims to develop skilled professionals who meet the demands of the industry. In order to achieve its objectives, SGU offers quality-oriented learning through 16 Bachelor‘s Degree Programs and 6 Master’s Degree Programs ranging from Engineering, Information Technology, and Business to Life Sciences and Social Sciences. Furthermore, with small class sizes, and with English as the medium of instruction, you can look forward to pursuing your tertiary education and degree with full confidence.