SGU Rayakan Wisuda 2024 dengan Semangat Perubahan dan Keberagaman dalam Pendidikan Global

SGU Rayakan Wisuda 2024 dengan Semangat Perubahan dan Keberagaman dalam Pendidikan Global

JAKARTA, LENSABANTEN.CO.ID – Di tengah suasana yang penuh haru dan kegembiraan, Swiss German University (SGU) menggelar SGU Graduation 2024 pada Senin, 30 September 2024 di Pullman Jakarta Central Park Hotel. Dengan tema “Inspiring Change, Embracing Diversity for Global  Education Enhancement”, SGU menegaskan perannya dalam mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global dengan menjunjung tinggi keberagaman dan inovasi.

Acara wisuda ini tidak hanya merayakan keberhasilan akademis, tetapi juga perjalanan transformasi 137 lulusan S1 dan 106 lulusan S2 SGU tahun 2024. “Kami di SGU percaya bahwa  pendidikan bukan hanya soal pencapaian akademik, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif di masyarakat. Para lulusan hari ini adalah bukti nyata dari semangat perubahan dan inklusi global,” ujar Dr. Dipl.-Ing. Samuel P. Kusumocahyo, Rektor SGU, dalam pidato pembukaannya.

SGU Graduation 2024 turut dihadiri oleh Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU selaku Koodinator LLDIKTI 4, H.E. Ina Lepel selaku Duta Besar Jerman untuk Indonesia, dan Prof. Juergen Grueneberg selaku Chairman dari Swiss German University Westphalia.

Sebagai bagian dari penghargaan tahunan, SGU memberikan apresiasi kepada para lulusan terbaik dari berbagai program studi yang telah menunjukkan prestasi luar biasa :

Sarjana (Bachelor Degree) :

  1. Justin Hartanto Hung – Fakultas Teknik & Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Mesin– Konsentrasi Mekatronika, dengan IPK 3,98 (Summa Cum Laude), double degree di Fachhochschule Südwestfalen Jerman dan magang di Landpack GmbH Jerman.
  2. Gizelle Tasmara – Fakultas Business & Communication, Program Studi Business Management – Konsentrasi Hotel And Tourism Management, dengan IPK 3,95 (Summa Cum Laude) dan magang di Bvlgari Resort Bali.
  3. Dharren Sandhi Goutama – Faculty of Life Sciences and Technology, Program Studi Teknik Biomedik, dengan IPK 3,96 (Summa Cum Laude), double degree di Fachhochschule Südwestfalen Jerman dan magang di SNAP GmbH Jerman.

Magister (Master Degree) :

  1. Robert Ezekiel Lee – Fakultas Business & Communication, Program Studi Master of Business Administration, dengan IPK 3,89 (Magna  Cum Laude).
  2. Michael Jonathan – Fakultas Teknik & Teknologi Informasi, Program Studi Magister Teknik Mesin, dengan IPK 4,00 (Summa Cum Laude).

Penghargaan prestisius lainnya, E.Y. Kanter Award, diberikan kepada mahasiswa yang telah menunjukkan pencapaian luar biasa di bidang non-akademik. Tahun ini, Nicky dari Program Studi Teknik Biomedik terpilih sebagai Pemenang E.Y. Kanter Award for Distinguished Achievement in the Non-Academic Field 2024. Nicky tidak hanya berprestasi di berbagai kompetisi nasional, tetapi juga sangat aktif dalam organisasi mahasiswa dan memberikan dampak positif bagi komunitas SGU. Beberapa pencapaian utama Nicky meliputi Juara 1 Nasional – Kompetisi Sains Se-Indonesia 2024 (KSSI 2024), Juara 1 Nasional – Olimpiade Sains Seluruh Indonesia 2024 (OSSI 2024), Sekretaris Grand Final Indonesian Fun Science Award 4.0 – 2022 (diselenggarakan oleh SGU), Ketua SGU Orientation Week 2022, Presiden HIMAPRODI Teknik Biomedik – 2022 dan Sekretaris Acara Kaderisasi – 2021.

 

 

Chris Kanter, Chairman of the Board of Patronage SGU, menyampaikan, “E.Y. Kanter Award adalah penghargaan yang mengapresiasi mahasiswa yang mampu membuktikan bahwa pendidikan adalah perjalanan untuk membentuk karakter dan kepemimpinan. Nicky telah menunjukkan transformasi luar biasa dan menjadi inspirasi bagi kita semua.”

Selain Nicky, SGU juga memberikan apresiasi kepada Trinasya Charis Renata dari Program Studi Teknik Industri, yang berhasil meraih medali perunggu di nomor 400 m Surface Swimming dan medali perak di nomor 800 m Surface Swimming dalam Pekan Olahraga Nasional 2024. Prestasi ini menjadi bukti bahwa lulusan SGU tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga mampu berkontribusi dan berprestasi di bidang olahraga dan bidang lainnya.

SGU juga merayakan lulusan berprestasi lainnya dari kerja sama dengan United Tractors, di antaranya:

 

 

  • Nunung Nugroho – Program Studi Teknik Industri, IPK 3,88 (Good).
  • Dedi Kartomo – Program Studi Magister Administrasi Bisnis, IPK 3,74 (Excellent).
  • Ahmad Rifai Mashudi – Program Studi Magister Teknik Mesin, IPK 4,00 (Magna Cum Laude).

Acara ini menjadi simbol harapan dan kebanggaan bagi semua yang hadir. SGU terus berkomitmen dalam memberikan  pendidikan yang tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga membentuk lulusan yang mampu menjadi agen perubahan di tengah masyarakat global. Lagu Bagimu Negeri yang dinyanyikan di akhir acara menciptakan suasana haru dan menjadi penutup yang sempurna dari perjalanan yang luar biasa ini.

SUMBER PEMBERITAAN: LENSA BANTEN

Tentang Swiss German University

Swiss German University (SGU) adalah universitas swasta bertaraf internasional yang berdiri sejak tahun 2000 di Indonesia, menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan menggabungkan sistem pendidikan Jerman, Swiss, dan Indonesia. Terletak di Alam Sutera, Tangerang, SGU memiliki 3 fakultas dengan 16 program studi Sarjana dan 3 program studi Pascasarjana di bidang Teknik, Teknologi Informasi, Bisnis, dan Ilmu Sosial. SGU berkomitmen menghasilkan lulusan kompeten dan berdaya saing global melalui kurikulum berbasis industri, penelitian inovatif, dan fokus pada kewirausahaan.